Kamis, 19 Maret 2015

RAMMANG - RAMMANG MAKASSAR

Objek wisata Rammang-Rammang berada di Gugusan Pegunungan Kapur (karst) Maros-Pangkep, tepatnya berada di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros. Kabupaten yang juga sering dikenal dengan istilah Butta Salewangang, Provinsi Sulawesi Selatan. Berjarak sekitar 40 km arah utara Kota Makassar, dan bisa ditempuh melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan bermotor dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Makassar. Objek wisata ini berupa objek wisata alam dan sangat mudah dijangkau karena hanya beberapa meter dari jalan raya lintas provinsi.

Arti kata Rammang-Rammang sendiri berasal dari bahasa daerah setempat yaitu Bahasa Makassar, di mana kata rammang yang bisa diartikan sebagai awan atau kabut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti kata rammang-rammang adalah sekumpulan awan atau kabut. Menurut cerita penduduk setempat, tempat ini diberi nama Rammang-Rammang dikarenakan awan atau kabut yang selalu turun terutama di pagi hari atau ketika hujan.

Ada beberapa objek wisata alam yang bisa ditemukan di tempat ini. Yaitu Taman Hutan Batu Kapur, Telaga Bidadari, Gua Bulu' Barakka’, Gua Telapak Tangan, Gua Pasaung, dan wisata Sungai Pute beserta Kampung Berua.


Taman Hutan Batu Kapur Rammang-Rammang

Seperti yang diketahui bahwa Gugusan Pegunungan Kapur (karst) Maros-Pangkep adalah gugusan pegunungan kapur yang terluas dan terbesar kedua di dunia setelah pegunungan kapur yang ada di Cina. Bahkan ada pula literatur yang mengatakan bahwa pegunungan kapur yang terluas dan terbesar pertama di dunia untuk saat ini adalah Karst Maros-Pangkep, hal ini dikarenakan pegunungan kapur Cina yang sudah banyak berkurang akibat ekploitasi dan aktivitas pertambangan.

Mungkin sebagian dari kita tidak banyak yang tahu bahwa selain taman hutan batu yang berada di Cina dan Madagaskar, negara kita juga memiliki taman hutan batu yang eksotik dan tak kalah indahnya. Hal ini dikarenakan masing-masing taman hutan batu memiliki karakterisitik dan ciri khas yang berbeda-beda. Kawasan ini ibarat sebuah kompleks tempat berkumpulnya bebatuan, dengan ratusan bahkan mungkin ribuan bebatuan kapurnya yang berwarna hitam dan abu-abu dengan berbagai ukuran dan bentuknya yang unik terdapat di kawasan ini. Bahkan kalau mampu, kita bisa menyusuri dan memanjat satu persatu bebatuan yang ada. Pada bagian depan terdapat hamparan sawah penduduk sedangkan bagian belakang terdapat sebuah sungai yaitu Sungai Pute. Kawasan ini ditumbuhi pula oleh pepohonan hutan dan pohon lontar di sekitarnya. Sesekali dihiasi oleh ternak peliharaan penduduk setempat seperti itik dan sapi yang sedang mencari makan, yang semakin menambah keindahan taman hutan batu di daerah ini. Tidak salah rasanya kalau taman hutan batu di Rammang-Rammang ini adalah salah satu yang terindah di dunia.

Taman Hutan Batu Kapur Rammang-Rammang ini hanya satu di Indonesia dan terbesar /terluas ketiga di dunia, setelah yang pertama adalah Taman Hutan Batu Tsingy di Madagaskar dan yang kedua adalah Taman Hutan Batu Shilin yang ada di Cina. Praktis terdapat 2 kompleks taman hutan batu yang berada di kawasan ini, yakni yang berada di bagian utara dan selatan.


Taman Hutan Batu
Taman Hutan Batu
Taman Hutan Batu
Taman Hutan Batu
Taman Hutan Batu

Telaga atau Taman Bidadari

Telaga ini biasa juga disebut dengan istilah Taman Bidadari. Dan tak banyak orang yang mengetahui akan keberadaan telaga bidadari ini. Telaga ini masih berada di kawasan Rammang-Rammang. Berada tepat di tengah-tengah bukit kapur, yang mempunyai lubang besar tepat di tengahnya dan menjadi tempat berkumpulnya air sehingga membentuk sebuah telaga. Air dari telaga ini berasal dari celah bebatuan kapur, dan hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki dengan melewati jalan setapak berupa pecahan-pecahan batu kapur di sepanjang jalan. Objek wisata ini cukup berbahaya dan menantang karena kita mesti mendaki gunung kapur dan melewati cukup banyak jalan setapak yang berada di tepi jurang. Dengan airnya yang jernih dan segar menjadikan telaga ini sebagai salah satu sumber mata air tawar bagi penduduk setempat.

Menurut cerita rakyat setempat, tempat ini adalah tempat mandi para bidadari sehingga tempat ini pun disebut sebagai Telaga atau Taman Bidadari. Uniknya, air pada telaga ini akan surut pada musim hujan, dan air akan tinggi pada musim kering. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai telaga ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar