Minggu, 12 Juni 2016

Air Terjun Lacolla

Kabupaten Maros terkenal dengan keindahan alamnya yang eksotik. Ada beberapa yang sudah menjadi kawasan pengembangan wisata seperti Rammang-rammang. Tetapi ada juga yang masih minim publikasi, salah satunya Air Terjun Lacolla di Dusun Malaka, Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros Provinsi Sulsel, Indonesia.

Kawasan wisata alam ini sebenarnya sudah sangat populer di kalangan masyarakat sekitar dan kalangan para pencinta alam namun belum banyak diketahui turis dan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Air Terjun Lacolla yang merupakan air terjun yang cukup indah untuk jadi destinasi wisata anda. Wisata Alam Air terjun ini dekat dengan bukit yang bernama bukit Kanari, sehingga menambah sensasi petualangan dan keindahan yang bisa anda rasakan jika anda berkunjung kesini. Jika berada diatas bukit ini, maka kita akan melihat pemandangan yang menampilkan Kota Camba, Cenrana dan Kota Makassar karena bukit ini tidak ditumbuhi pohon besar sehingga kita bebas melihat alam sekitar.


Pesona keindahan Air terjun Lacolla Maros (dok. bsfm/ibhet)

Kembali ke Wisata Alam Air Terjun Lacolla, ditempat ini kita akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun yang sangat indah karena air terjun tersebut tersusun rapi hingga 4 tingkat. Tetapi area ini sebenarnya memiliki susunan air terjun 7 tingkat namun 3 tingkat lainnya berpisah agak berjauhan. hanya 4 yang benar-benar tersusun dengan sangat indahnya.

Air terjun Lacolla tingkat ke 2 yang berada sekitar 200m dari posisi air terjun bertingkat 4 (dok. bsfm/ibhet)

Kesegaran air terjun ini bersumber dari kaki gunung Mandalle, masih disekitar Dusun Malaka yang memiliki air yang sangat segar dan dimanfaatkan warga untuk pengairan sawah dan pembangkit listrik tenaga air (kincir air) untuk masyarakat dusun Tanete, Cenrana Baru.

Selain menikmati keindahan yang diberikan air terjun lacolla yang merupakan air terjun bertingkat, anda pun bisa merasakan keindahan dari bebatuan dan tebing­-tebing yang tersusun indah, yang berada disekitar air terjun lacolla.

Selain mandi dengan kesegaran air terjun, tempat ini pun sangat cocok untuk digunakan dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan organisasi, seperti camp, bakti sosial pembersihkan, maupun kegiatan pendiksaran (pendidikan dasar) dari segala macam golongan organisasi, Karena tempat ini sangat menjanjikan untuk kegiatan­-kegiatan seperti itu.

Untuk bisa mencapai Air Terjun Lacolla Maros, menurut penelusuran BSFM, ada beberapa jalur yang bisa dilalui bahkan jika anda bepergian bersama keluarga.

Salah satunya, adalah melalui Dusun Kaluku, Desa Lima Poccoe, Kecamatan Cenrana dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda 4. Bahkan di daerah tersebut ada kendaraan umum yang bisa disewa untuk menuju Air Terjun Lacolla dengan tarif dari Dusun Kaluku ke Dusun Malaka tarifnya berkisar sekitar Rp. 10.000 per orang dengan jarak tempuh 11 Km melalui jalur yang mendaki. Namun untungnya, karena masyarakat sekitar sudah menikmati jalan beton yang dibangun pemerintah Maros sehingga jalur menuju Dusun Malaka tidak sesulit dahulu.

Tetapi untuk anda yang suka dengan tantangan dan tracking, anda bisa mencoba jalur lain di Dusun Matanre (Pinggir Jalan) lalu menyusuri jalur ke Dusun Arokke hingga mencapai Air Terjun Lacolla, tetapi jalur ini agak sedikit sulit karena masih jalur setapak yang tidak bisa dilalui kendaraan pada saat musim hujan sehingga harus berjalan kaki sekitar kurang lebih 1 hingga 2 jam.

Hal yang unik yang bisa ditemui di Dusun Malaka tempat Air Terjun ini berada adalah Buah Malaka, dimana buah ini memiliki tiga Rasa berbeda yaitu kecut pada gigitan pertama, kemudian jika digigit lagi, maka akan terasa pahit. Namun setelah ditelan, maka akan terasa manis. Buah ini pun menjadi dasar dari penamaan Dusun Malaka dan juga diprediksi oleh peneliti sebagai asal usul penamaan Selat Malaka.

Air Terjun Lacolla hingga saat ini belum dikomersilkan serta belum menjadi sumber pendapatan daerah Pemkab Maros, Namun seiring ramainya pengunjung, selain bisa meningkatkan pendapatan daerah, Potensi wisata tersebut juga diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. (bsfm news department)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar